Optimasi Pertumbuhan Lidah Buaya dengan Pupuk NPK Phonska dalam Metode Polybag di Kelompok PKK RT 23, Pasir Putih, Kota Jambi

Penulis

  • Hasriati Nasution Universitas Jambi
  • Yusfaneti Universitas Jambi
  • Asmadi Saat Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.53867/jpm.v3i3.103

Kata Kunci:

bunga lidah buaya, polybag, NPK Phonska

Abstrak

Tanaman lidah buaya (Aloe vera) memiliki daging tebal yang kaya akan zat aktif seperti asam folat, kolin, vitamin A, C, B12, E, serta berbagai mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan natrium. Pemberian pupuk NPK Phonska dapat meningkatkan pertumbuhan dan kehijauan daun lidah buaya serta memacu pertumbuhan akar dan pembentukan anak-anak tanaman. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kelompok ibu-ibu PKK RT 23 Kelurahan Pasir Putih Kota Jambi dalam menanam lidah buaya dengan memberikan penyuluhan tentang pemberian pupuk NPK Phonska. Pengabdian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu memberikan materi tentang pemupukan NPK Phonska dan melakukan demo menanam lidah buaya menggunakan polybag. Tim pengabdian menyediakan bahan-bahan seperti anakan lidah buaya, pupuk NPK Phonska, polybag, media tanah, dan alat-alat pertanian lainnya. Hasilnya menunjukkan antusiasme dan pemahaman yang tinggi dari kelompok ibu-ibu PKK RT 23 dalam pemberian pupuk NPK Phonska untuk pertumbuhan lidah buaya. Diharapkan bahwa dengan penyuluhan ini, keterampilan mereka dalam merawat tanaman lidah buaya dapat meningkat sehingga tanaman dapat tumbuh subur dengan daun yang hijau mengkilat dan banyak membentuk anak-anak tanaman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Furnawanthi, I. (2002). Khasiat dan manfaat lidah buaya si tanaman ajaib. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Idha, M. E., & Herlina, N. (2018). Pengaruh macam media tanam dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada merah (Lactuca sativa var. Crispa). Jurnal Produksi Tanaman, 6(4), 398–406.

Supandji, S., Kustiani, E., & Purwanto, A. (2021). Pengaruh Pemberian Pupuk NPK Phonska Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L) varietas Aura Jaguar. Jurnal Agrinika: Jurnal Agroteknologi dan Agribisnis, 5(2), 161–170.

Widodo, A., Sujalu, A. P., & Syahfari, H. (2016). Pengaruh jarak tanam dan pupuk NPK Phonska terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) Varietas Sweet Boy. Agrifor: Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan, 15(2), 171–178.

Zulfita, D. (2012). Kajian fisiologi tanaman lidah buaya dengan pemotongan ujung pelepah pada kondisi cekaman kekeringan. Perkebunan dan Lahan Tropika, 2(1), 7–14.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-04

Cara Mengutip

Nasution, H., Yusfaneti, & Saat, A. (2024). Optimasi Pertumbuhan Lidah Buaya dengan Pupuk NPK Phonska dalam Metode Polybag di Kelompok PKK RT 23, Pasir Putih, Kota Jambi. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 141–146. https://doi.org/10.53867/jpm.v3i3.103