Kebijakan Plagiarisme

Dewan Editorial Jurnal Bahana Humaniora (JBH) menyatakan bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan karenanya menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan khusus (hukuman) ketika plagiarisme diidentifikasi dalam artikel yang dikirimkan untuk dipublikasikan di Jurnal Bahana Humaniora (JBH).

Definisi:

Plagiarisme melibatkan "penggunaan atau peniruan dari bahasa dan pemikiran penulis lain dan representasi mereka sebagai karya orisinalnya sendiri."

Kebijakan:

Artikel harus asli, tidak diterbitkan, dan tidak menunggu publikasi di tempat lain. Materi apa pun yang diambil kata demi kata dari sumber lain perlu secara jelas diidentifikasi sebagai berbeda dari teks asli saat ini melalui (1) indentasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber.

Teks apa pun yang jumlahnya melebihi standar penggunaan yang wajar (di sini didefinisikan sebagai lebih dari dua atau tiga kalimat atau yang setara dengannya) atau materi grafis apa pun yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli dan juga membutuhkan identifikasi sumber; misalnya, publikasi sebelumnya.

Semua naskah akan menjalani pemeriksaan awal plagiarisme dengan menggunakan Software Turnitin. Proses penyaringan akan dilakukan oleh Redaksi setelah naskah diterima.

Ketika plagiarisme teridentifikasi, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab untuk meninjau makalah ini dan akan menyetujui langkah-langkah sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi pada artikel sesuai dengan pedoman berikut:

Tingkat Plagiarisme

  1. Kecil: Bagian pendek dari artikel lain dijiplak tanpa ada data atau ide penting yang diambil dari artikel lain. Peringatan diberikan kepada penulis dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar artikel asli dibuat
  2. Menengah: Sebagian besar artikel dijiplak tanpa kutipan yang tepat ke artikel aslinya. Artikel yang dikirimkan ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut selama satu tahun
  3. Parah: Sebagian besar artikel dijiplak yang melibatkan penggandaan hasil atau ide asli yang disajikan dalam publikasi lain. Artikel ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut selama lima tahun.

Semua penulis bertanggung jawab atas isi artikel mereka. Jika plagiarisme dijatuhkan hukuman, semua penulis akan dikenakan hukuman yang sama. Jika kasus plagiarisme kedua dilakukan oleh penulis yang sama, penulis mungkin dilarang untuk mengirimkan artikel selamanya.